Buat Website Praktis #No.1 Surabaya

Membuat Website Praktis | Jasa Website Murah Surabaya

Tahukah kalian bawa kebutuhan terhadap website saat ini makin hari makin meningkat. Tidak hanya diperuntukkan bagi perusahaan-perusahaan besar saja, namun saat ini website sudah mulai dipergunakan juga oleh setiap orang atau individu untuk mempromosikan atau membranding dirinya. Website sendiri memiliki beberapa fungsi pasti yang selalu dijadikan alasan utama bagi orang-orang yang hendak menggunakannya. Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara praktis membangun website sendiri. Tapi sebelum itu anda bisa mengunjungi http://www.kotacom.id sebagai refensi awal anda untuk menemukan inovasi-inovasi untuk pembuatan website.

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MEMBUAT WEBSITE PRAKTIS

Berikut ini adalah cara membuat website dari nol dengan mudah dan simpel :

  1. Tentukan tujuan website (Untuk company profile, Online shop, Forum, Galery, Sistem admin dll).
  2. Siapkan Domain dan Hosting (Hosting terbaik di DomaiNesia)
  3. Pilih platform website (WordPress, Joomla, Drupal, Ghost, Prestashop, Opencart, Magento, Laravel, Code Igniter, Bootstrap, Yii, PhpBB, WHMCS dll)
  4. Gunakan Instant Deploy untuk install platform
  5. Rancang desain UI dan UX untuk tampilan website.
  6. Website sudah bisa live
 Yuk simak lebih lanjut tentang pembuatan websitenya :
 
 

1. Kenali Website Yang Ingin Kamu Buat

Mulai dari sekarang coba pikirkan website apa yang ingin kamu buat. Jangan sampai kamu berubah haluan setelah proses pembuatan website ditengah jalan ya. Kan bisa ribet nanti! :)

2. Ciptakan Karakteristik Website

 

Setelah tahu website yang ingin dibuat, pastikan kamu tahu nantinya website tersebut bisa ngapain, warnanya apa, menu-menu apa saja yang ada di sana serta akan diisi apa aja. Misalnya nih, kamu pengen membuat personal website/ website pribadi yang isinya tentang portofolio desain yang pernah kamu buat. Mungkin warnanya bisa disesuaikan dengan kepribadian. Kemudian terdapat konten apa saja yang ingin dimasukkan. Jangan lupa cantumkan portofolio yang ingin kamu kenalkan pada publik. Coba lakukan riset di search engine misalnya Google. Coba cari ide dan inspirasi bagaimana website yang ingin kamu buat.

Contoh lain misalnya, kamu ingin membuat toko online tentang produk pakaian. Jadi di sana nanti customer bisa memilih produk, memilih warna dan ukuran, melakukan order produk, memasukkan ke keranjang belanja hingga melakukan pembayaran. Intinya coba lakukan riset bagaimana toko online bekerja ya.

Contoh lainnya, kamu sebagai wiraswasta ataupun pemilik usaha ukm. Agar produk banyak dikenal publik, maka kamu ingin membuat website yang isinya berbagai produk. Nah, kamu bisa mulai membayangkan bagaimana bentuk website. Misalnya, website nanti akan menampilkan produk apa saja, apa yang akan ditonjolkan di website, proses pengerjaan produk dan sebagainya. Jangan lupa untuk menampilkan alamat dan nomor telepon ya agar customer mudah untuk mencari toko kamu.

3. Perlu Bahasa Pemrograman

 

Nah, website dibangun dari suatu bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman tersebut dijalin dan disusun menjadi suatu kesatuan yang disebut website. Ada beragam bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat website. Dikutip dari IEEE, terdapat 10 bahasa pemrograman terpopuler. Untuk membuat website terdapat bahasa pemrograman seperti Python, Java, C#, Javascript, PHP ataupun GoLang. 

Dari beberapa bahasa pemrograman tersebut lalu mana yang terbaik? Mungkin pertanyaan tersebut susah dijawab karena dari setiap bahasa memiliki kelebihan dan kelemahannya masing- masing. Tergantung mana yang ingin digunakan oleh developer. Bahasa pemrograman untuk membangun sebuah website harus diletakkan di sisi server (server side) dan sisi client (client side). Mengapa? Ya memang harus begitu! Website tidak dapat berjalan sendiri karena memerlukan web server dan web browser. Web server digunakan untuk memproses script/ kode dalam website. Sedangkan web browser digunakan untuk melihat hasil script/ kode yang telah diproses. Dikutip dari W3Tech, hampir 83,4% website di dunia menggunakan bahasa pemrograman PHP untuk sisi server. Sedangkan di sisi client, hampir 95,1% menggunakan bahasa pemrograman Javascript.

4. Gunakan HTML dan CSS Untuk Mempercantik Web

 

Nah, tidak berhenti disitu saja. Untuk mempercantik tampilan website, kamu butuh Markup Language dan Site Element. Menurut W3Tech, Markup Language yang paling banyak digunakan yaitu HTML. HTML (Hypertext Markup Languange) ini hampir digunakan oleh 81,2% website di dunia. Sedangkan untuk Site Element, hampir 95,9% website di dunia menggunakan CSS untuk mempercantik tampilan website.

Nah di atas merupakan langkah-langkah mudah untuk menciptakan website pribadimu. Jika ingin mendapatkan penawaran menarik terkait Jasa Pembuatan Website, maka http://www.kotacom.id adalah solusinya. Dapatkan layanan membuat website praktis dan mudah! Tunggu apa lagi segera kunjungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik.

KOTACOM - IT Service and Solutions - Website Development
Logo
Register New Account
Reset Password
Shopping cart